Banyu Biru’s Citizen Journalism

Bukan Kecepatan Langkah Melainkan Ketepatan Arah

Kiat Sukses Caleg dengan (Tangan)

leave a comment »

Ternyata jika ditilik kiat sukses caleg tidak cukup dengan dua tangannya. Ada lebih dari dua tangan lain yang menjadi ajian dalam membuka jalan sukses berada di kursi legislatif. Setidaknya kiat sukses tersebut bergantung pada lima tangan.

Lima tangan yang dimaksud adalah 1. Turun Tangan, 2. Buah Tangan, 3. Kaki Tangan, 4. Retak Tangan, serta 5. Tanda Tangan. Dengan kelima tangan itu minimal seorang caleg akan melenggang ke kursi dewan rakyat.

Agar dikenal rakyat maka sang caleg harus turun gunung atau Turun Tangan bertemu langsug dengan rakyat. Jaman sekarang rakyat tidak mau lagi dibodohi atau mau menjadi korban praktik kucing dalam karung.

Akibat turun tangan tersebut maka setidaknya caleg harus membawa buah tangan untuk dijadikan oleh-oleh kepada rakyat. Pastinya buah tangan tersebut tidak diharapkan berupa kenang-kenangan tapi lebih baik berwujud benda yang rapih tersimpan dalam amplop. Hmmm…

Selanjutnya agar kampanye pada calom pemilih berjalan tertib, sudah pasti dibutuhkan Kaki Tangan. Merekalah yang berguna sebagai kepanjangan tangan kita dalam menyuarakan pesona caleg lewat kartu nama, spanduk, kaos, kalender dan sebagainya.

Tapi perlu diwaspadai bahwa dari kepanjangan tangan tersebut banyak yang menyalahgunakan. Karena para kader yang punya udang dibalik bakwan pasti mengharapkan kucuran dana dari caleg.

Akhirnya para caleg dikejar si Jamila (Jatuh Miskin Lagi). Karena godaan legislatif membuat mengahalalkan segala cara. Kalau lolos sih Alhamdulillah, tapi kalau bangkrut dan dikejar-kejar penagih utang, maka dukun pun beraksi.

Namun yang paling penting dari semua tangan tersebut kalau tidak ada Suratan Tangan semuanya menjadi sia-sia. Karenanya, sang caleg lebih baik berjalan pada rel yang lurus. Banyak berdoa dan tahajjud, serta banyak berdoa agar terhindar dari rumput muda tetangga dan juga para janda atau ABG.

Nah, jika semua itu berjalan mulus bukan karena fulus, maka selanjutnya tinggal menuggu Tanda Tangan dari KPU. Puncaknya akan menerima Tepuk Tangan waktu dilantik di gedung dewan.

About these ads

Written by Ekak Hardianto

17 Februari 2009 at 10:03

Ditulis dalam Uncategorized

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: